ZONA-DAMAI.COM – Presiden RI Joko Widodo ikut merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 yang berlangsung di GOR POPKI Cibubur. Jokowi pun menitipkan pesan kepada Menpora, KONI, dan KOI. Apa katanya?

Seremoni Haornas 2020 diselenggarakan di pada Rabu (9/9/2020). Acara berlangsung di dua lokasi, yakni Cibubur dan Istana Negara di Bogor. Presiden Jokowi mengikuti proses pembukaan perayaan Haornas dari Bogor melalui daring.

Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung banyak elemen olahraga. Bahkan, secara khusus ia meminta stakeholder olahraga untuk merevisi sistem tata kelola pembinaan keolahragaan di Indonesia. Sebabnya, olahraga Indonesia belakangan kurang berprestasi.

“Saya pesan kepada Menpora, KONI, KOI untuk tingkatkan prestasi olahraga nasional. Kalau selama ini prestasi olahraga kita masih kurang berhasil. Itu artinya cara-cara yang selama ini kita lakukan mungkin kurang tepat,” ujarnya

“Kita harus review total ekosistem olahraga nasional. Saya minta tata kelola pembinaan atlet di review total. Tata kelola pembinaan atlet gharus tersinergi dengan baik dari daerah hingga pusat,”

“Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru juga harus kita lakukan, tak hanya untuk pengembangan pusat latihan berbasis science, tapi pengembangan manajemen baru yang lebih baik. sitem informasi dan big data yang baik untuk deteksi calon-calon atlet berkualitas.”

“Penduduk kita 260 juta lebih dan mayoritas adalah generasi muda. Sangat tak masuk akal kalau kita kekurangan atlet berbakat, pasti ada jutaan. Kalau kurang calon pasti yang salah manajemennya, bukan kekurangan bakat. sekali lagi sistem pembinaan atlet harus direview total.

“Sebagai sebuah negara besar kita harus punya nama besar di berbagai kompetisi olahraga intenasional. kita pernah memiliki nama-nama besar di kancah internasional, saat ini juga kita masih punya. Selamat hari olahraga nasional, jadikan olaharga sebagai pola hidup kita, masyarakat,” ucap Jokowi.