ZONADAMAI.COM – Ruas tol Manado-Bitung bisa dimanfaatkan masyarakat pada Rabu, 30 September 2020, tanpa dipungut biaya alias gratis selama 2 pekan mendatang.

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George I.M.P. Manurung menjelaskan jalan tol Manado—Bitung ruas Manado—Danowudu akan dioperasikan secara bertahap.

Jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol (GT).

Masyarakat dapat menggunakan jalan tol ini pada Rabu pukul 09.00 Wita mulai dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20,50 km.

Hal ini dikarenakan saat ini perusahaan dalam tahap penyempurnaan fisik konstruksi terutama di akses Danowudu untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Namun, kami targetkan pada Sabtu [03/10/2020] pukul 09.00 Wita, sekitar 6 km lanjutan dari Kauditan hingga Danowudu akan dapat digunakan oleh masyarakat sehingga jalan tol Manado—Bitung Ruas Manado—Danowudu beroperasi secara penuh,” kata George melalui siaran pers, Selasa, 29 September 2020.

Jalan tol Manado—Bitung telah dioperasikan secara fungsional hanya untuk kendaraan kecil pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 serta Lebaran 2019 guna membantu kelancaran arus transportasi.