ZONA-DAMAI.COM – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan Pemerintah DKI memang layak memperoleh penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021. Sebabnya, pembangunan transportasi di Ibu Kota telah dilakukan secara serius dan menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan setiap tahunnya.

“Saya atas nama fraksi PDI Perjuangan mengucapkan selamat kepada Pemprov DKI yang sudah meraih penghargaan bergengsi ini,” kata Gembong melalui pesan singkatnya, Ahad, 1 November 2020.

DKI Jakarta meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Kota pemenang STA ini diumumkan pada konferensi transport internasional MOBILIZE 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Dengan penghargaan ini Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota-kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar ‘Honorable Mention’.

Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moskow, San Francisco dan Sao Paulo.

Menurut Gembong, keberhasilan Pemerintah DKI menyabet penghargaan tersebut tidak lepas dari pembangunan sejumlah transportasi publik yang telah digagas sejak lama seperti MRT, Transjakarta dan sebentar lagi akan dihidupkan LRT Jabodetabek.

“Semua moda transportasi itu memang sudah mengarah ke sistem yang terintegrasi,” ujarnya.

Kata Gembong, keberhasilan DKI merupakan kerja yang tidak instan. Pembangunan moda transportasi massal telah digagas sejak era Gubernur DKI Sutiyoso dengan program busway. Kemudian pembangunan MRT saat Joko Widodo menjabat gubernur.

“Hal ini menunjukkan bahwa penghargaan yang diterima Pemprov DKI hari ini adalah proses kerja yang sangat panjang,” ujarnya.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diraih Jakarta sebagai pengakuan dunia terhadap inovasi transportasi massal di ibu kota. “Alhamdulillah Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021,” kata Anies dalam keterangannya, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Anies Baswedan bangga dengan pencapaian DKI Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi dan meraih penghargaan STA 2021. “Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin,” katanya.