ZONA-DAMAI.COM – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 berkomitmen memetakan klaster kerumunan dari kegiatan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Acara penyambutan Habib Rizieq, Maulid Nabi hingga hajatan Habib Rizieq beberapa waktu lalu menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah yang banyak.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa pemetaan klaster kerumunan Rizieq Shihab, mulai Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Petamburan, Tebet, dan Megamendung, Bogor Jawa Barat diupayakan secepat mungkin.

“Jadi, Satgas berkomitmen untuk memetakan klaster-klaster tersebut secepat mungkin, sehingga mereka yang hasil tesnya positif COVID-19 dapat segera memeroleh treatment (perawatan) yang baik dan sesuai standar,” tegas Wiku saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (26/11/2020).

“Dengan demikian, mereka juga dapat lekas sembuh.”

Terkait penemuan kasus COVID-19 dari klaster kerumunan Rizieq Shihab, Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo sudah mengarahkan, siapa saja yang terlibat kerumunan agar memeriksakan diri ke puskesmas. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah positif COVID-19 atau tidak.

“Pemeriksaan di puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini. Jika ada yang positif, bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah. Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke puskesmas,” imbau Doni saat kunjungan kerja kesiapsiagaan erupsi Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (20/11/2020).