ZONA-DAMAI.COM – Dalam rangka hari anti korupsi sedunia (Hakordia), Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan pesan lewat akun Instagramnya, Rabu (9/12/2020).

Sri Mulyani mengungkapkan Hakordia tahun ini dirayakan dalam situasi perjuangan untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang merupakan ancaman luar biasa bagi rakyat dan ekonomi.

Dalam situasi ini, APBN adalah instrumen utama dan strategis untuk menangani pandemi, membantu rakyat, serta melindungi dan memulihkan ekonomi. Semua pihak dituntut untuk kerja cepat dalam situasi ini.

“Namun, harus tetap cermat, hati-hati, teliti dan tidak boleh korupsi,” tegas Sri Mulyani di akun Instagramnya, @smindrawati.

Pada Hakordia ini, dia mengingatkan jajaran pemerintah harus tetap tangguh untuk mencegah dan melawan korupsi dalam mengelola keuangan negara.

“Korupsi adalah tindakan kejam karena mengkhianati sumpah dan janji terhadap tugas, dan mencuri hal rakyat,” tambahnya.

Tak hanya itu, Sri Mulyani mengingatkan korupsi juga sangat merusak dan menodai nama baik organisasi, akhlak pribadi serta keluarga yang dicintai. Dia mengajak seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk terus memberantas korupsi.

“Tutup celah-celah yang menjadi penyebab korupsi. Perbaiki aturan dan proses bisnis,” tegasnya.

Dia juga menghimbau agar pemanfaatan teknologi dapat dikedepankan untuk mencegah korupsi. Menurutnya, menciptakan suasana kerja yang transparan dan terbuka juga diperlukan.

“Hari ini, lusa dan selamanya, sikap kita harus tersu selalu sama. Tidak ada toleransi terhadap korupsi,” ungkapnya.