ZONA-DAMAI.COM – Muntok (8/1) – Sebuah video beredar di media sosial (medsos) dan forum facebook lokal di Babel yang narasinya berkaitan dengan eks pengurus Front Pembela Islam (FPI) Babel yang mendeklarasikan patuh dan taat kepada NKRI, serta mendukung langkah TNI/Polri dalam menindak tegas ormas intoleran.

Berdasarkan pantauan, video berdurasi sekitar 3 menit tersebut memperlihatkan puluhan eks pengurus FPI Babel mendeklarasikan diri patuh dan taat kepada NKRI serta mendukung langkah TNI/Polri yang dipandu langsung oleh Imam Daerah FPI Babel, Habib Sholeh.

Dalam deklarasinya, Habib Sholeh, menyampaikan bahwa mantan anggota atau pengurus mendeklarasikan diri untuk taat dan patuh kepada NKRI dan menolak kegiatan yang berkaitan dengan FPI Babel.

Selain itu, Habib Sholeh, juga mengatakan dalam deklarasinya bahwa mantan eks pengurus FPI Babel mendukung langkah TNI/Polri dalam menumpas organisasi intoleran.

Video yang diambil pada 4 Januari 2021 tersebut sontak mengundang perhatian netizen, salah satunya akun Bunga Ita yang menyampaikan rasa syukur karena di Bangka dari dahulu telah menjaga nilai toleransi meskipun terdiri dari berbagai suku dan etnis.

Selain itu, akun atas nama Syam Suryani, mengomentari video tersebut agar para eks pengurus FPI Babel dapat selalu amanah dalam menjaga NKRI. Akun Giyan Guru juga menanggapi positif unggahan video tersebut dan berharap eks pengurus FPI Babel dapat menyatu dengan pemerintah.