ZONA-DAMAI.COM – Joko Widodo atau Jokowi mendatangi Posko evakuasi Sriwijaya Air SJ182 di JICT II, pada Rabu siang, 20 Januari 2021. Didampingi sejumlah pejabat, Jokowi melihat lokasi pengumpulan puing-puing dari pesawat tersebut.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyaksikan pemberian santunan dari Jasa Raharja dan Sriwijaya Air kepada keluarga korban. Setelah tinjauan tersebut, ia mengingatkan kepada semua pihak di bidang transportasi agar selalu mengutamakan keselamatan penumpang.

“Saya ingin agar di bidang transportasi itu keselamatan yang utama,” ujar Jokowi, dalam siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi pun berpesan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi dan Kementerian Perhubungan agar ke depannya terus melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat yang akan terbang. Dengan demikian keselamatan masyarakat dan penumpang tetap terjaga.

Terkait dengan evakuasi korban dan bagian pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Jokowi menyampaikan apresiasi dan terma kasih kepada Tim SAR gabungan, yang terdiri dari Kemenhub, Basarnas, TNI, Polri, KNKT, dan lainnya, atas kerja kerasnya sejak awal kecelakaan terjadi.

“Kita tahu telah ditemukan serpihan besar dan kecil, juga kotak hitam, tinggal tunggu yang CVR,” ujar Jokowi. Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-500 SJ 182 diduga jatuh di dekat Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat rute Jakarta – Pontianak itu hilang kontak pukul 14.40 WIB. Pesawat yang membawa 62 penumpang, termasuk kru semestinya dijadwalkan tiba di Pontianak pukul 15.50 WIB.