ZONA-DAMAI.COM – Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah menyampaikan hasil evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali sejak 11 Januari 2021. Dia menyebut, kasus kematian Covid-19 menurun di Pulau Jawa dan Bali selama PPKM.

“Kita melihat ada tren, rata-rata secara umum memang terjadi penurunan angka kematian di kabupaten kota baik yang melaksanakan PPKM maupun non PPKM,” katanya saat mengisi Talk Show Covid-19 Dalam Angka di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (27/1).

Dia merinci penurunan kasus kematian Covid-19 di enam provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Di DI Yogyakarta, kasus kematian Covid-19 rata-rata menurun -0,06 persen, DKI Jakarta -0,16 persen dan Jawa Timur -0,09 persen.

Kemudian Jawa Tengah menurun -0,03 persen, Jawa Barat -0,16 persen, Banten -0,30 persen dan Bali -0,46 persen.

“Jadi secara kematian progres dalam dua minggu pelaksanaan (PPKM) ini kita melihat angka perkembangan kematian lebih baik,” ujarnya.

Jika dilihat lebih detail, kata Dewi, dari 77 kabupaten dan kota yang menerapkan PPKM di Pulau Jawa dan Bali, mayoritas mengalami penurunan angka kematian Covid-19. Tercatat ada 54 kabupaten dan kota memiliki kasus kematian Covid-19 menurun, sedangkan sisanya masih mengalami peningkatan.

“Jadi secara kesimpulan, dari seluruh 77 kabupaten kota, 54 di antara mereka sudah turun angka kematiannya,” tandasnya. [fik]