ZONA-DAMAI.COM – Pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua sejak 2001 hingga kini telah berjalan dengan baik dan membawa perubahan dalam segala lini kehidupan masyarakat bumi cenderawasih.

Otsus telah membawa kemajuan dan peningkatan di berbagai sektor seperti sektor Pendidikan,Kesehatan,Ekonomi,dan juga sumber daya manusia Orang Papua. 

Sayangnya meski telah membawa banyak perubahan, namun masih saja ada segelintir orang yang mengatasnamakan dirinya mewakili suara rakyat Papua yang menyanggkal keberhasilan Otsus.

Oleh karena itu, banyak tokoh Masyarakat di tanah papua angkat bicara mulai dari Ondoafi,tokoh adat,tokoh agama,tokoh perempuan dan tokoh pemuda

Salah satu tokoh pemuda di Kabupaten Keerom, Teus Tabuni yang juga merupakan Wakil Ketua Karang Taruna Kampung Wonorejo Pir IV distrik Manem Kabupaten Kerom mengaku perjalanan Otsus sangat baik dan menghadirkan solusi untuk kemajuan masyarakat Papua.

“Otsus yang sudah berlangsung ini benar-benar dirasakan oleh orang asli Papua baik dari tinggkatan bawah sampai tingkatan atas,”ungkapnya, Rabu (20/01)

Ia mengharapkan, kedepannya Otsus semakin ditingkatkan dan diperhatikan penyaluran dananya karena masih ada masyarakat Papua yang belum merasakan yang menyebabkan adanya segelintir orang yang masih menolak Otsus. 

“Otsus diharapkan bisa semakin membangun disetiap lini sektoral sehingga kedepannya orang Papua bisa membangun di tanahnya sendiri,” harapnya

Mewakili pemuda karang taruna juga mendorong pemerintah untuk menghadirkan inovasi sehingga wadah atau makna Otsus bisa benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat asli Papua.