ZONA-DAMAI.COM – Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo mengklaim skema Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro berjalan efektif menekan laju penyebaran Covid-19. Menurut dia, kasus aktif, angka kematian dokter dan tenaga kesehatan akibat Covid-19 menurun sejak diberlakukan PPKM.

“Setelah adanya PPKM mikro, kasus aktif mengalami penurunan, dan juga angka kematian dokter dan nakes juga mengalami penurunan,” kata Doni saat rapat bersama komisi IX DPR, Senin (15/3).

Selain itu, Doni menjelaskan, bahwa pembatasan bepergian keluar kota saat hari libur juga faktor menurunnya kasus Corona. Sebab, jika kasus aktif tinggi rumah sakit akan penuh dan tenaga kesehatan bisa terpapar virus.

“Kita semua harus belajar dari kasus ini yaitu ketika terjadi libur panjang maka kasus aktif akan sangat meningkat pesat, berdampak pada rumah-sakit penuh dan dokter tenaga kesehatan lainnya juga terpapar Covid,” tutur dia.

Kemudian, lanjut Doni, strategi melarang para pegawai pemerintah, ASN, BUMN dan untuk tidak bepergian keluar kota sangat efektif. Pihaknya juga mengimbau agar pegawai swasta tidak rekreasi ke luar kota saat libur.

“Kami imbau kami mohon kepada kadin untuk memberikan informasi termasuk menteri tenaga kerja untuk mengimbau karyawan swasta untuk tidak juga melakukan berpergian keluar kota, ke depan strategi ini harus menjadi pelajaran kita semua untuk bisa menekan kasus Covid maka yang kita lakukan pembatasan,” pungkasnya. [gil]