ZONA-DAMAI.COM – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengungkap ada lima pelatihan yang paling diminati oleh peserta program Kartu Prakerja. Pertama adalah pelatihan pemasaran online.

“Banyak sekali peminatnya dan memang pasar menghendaki itu, kantor-kantor perbankan industri semuanya menghendaki itu,” ujar Jokowi dalam siaran langsung, Rabu, 17 Maret 2021. Pelatihan pemasaran online, menurut dia juga diminati oleh peserta yang hendak menjadi wirausahawan, seiring dengan perkembangan zaman.

Pelatihan kedua adalah yang terkait dengan urusan makanan dan minuman. Ia mengatakan pelatihan bidang ini laku lantaran cukup menjanjikan untuk wirausaha maupun bekerja ke depannya.

“Ini yang paling menjanjikan itu urusan pangan yang kedua urusan energi, nah ini masuk ke urusan pangan. Food and beverage. Urusan makanan, urusan minuman itu yang juga banyak peminatnya,” tutur dia.

Ketiga, kata Jokowi, adalah pelatihan yang berkaitan dengan teknologi informasi, khususnya web. Keempat adalah pelatihan terkait urusan perkantoran. “Ini banyak peminatnya karena memang pasar industri kantor-kantor memerlukan pelatihan ini.”

Kemudian yang kelima yang berkaitan dengan kewirausahaan atau entrepreneurship karena banyaknya anak muda yang mulai ingin masuk ke dunia usaha. Jokowi menilai pelatihan-pelatihan semacam itu memang sangat diperlukan.

“Saya memulai usaha dulu dari nol juga, dimulai dari ikut pelatihan. Ikut pelatihan. Dulu Seminggu tapi kalau ini kan sekarang sudah zamannya zaman digital seperti ini, bapak ibu bisa belajar online. Itu akan lebih mempercepat,” tutur Jokowi.

Hingga saat ini Program Kartu Prakerja telah memasuki 14 gelombang dan diberikan kepada 5,5 juta orang penerima dari 55,6 juta pendaftar di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Ekosistem yang kolaboratif juga, tutur dia, telah dibangun oleh Program Kartu Prakerja. Saat ini terdapat 7 Platform Digital, 5 Mitra Pembayaran, 165 Lembaga Pelatihan, dan lebih dari 1.700 jenis pelatihan yang telah diasesmen dan terus dievaluasi dengan melibatkan tim ahli independen.

Presiden mengaku senang dan bangga mendengar cerita sukses para penerima Kartu Prakerja dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga Rote. Jokowi menilai kisah-kisah mereka menjadi bukti keberhasilan tujuan program Kartu Prakerja dalam hal skilling, upskilling, dan reskilling.