ZONA-DAMAI.COM – Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon, mengajak masyarakat turut menyukseskan pendataan keluarga oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang berlangsung pada 1 April hingga 31 Mei 2021.

“Kita akan sambut petugas pendata keluarga. Mereka nanti akan datang ke rumah-rumah warga. Warga kita nanti harus beri data yang benar, akurat dan jelas” ungkapnya kepada media, Senin (29/3).

Data menjadi hal terpenting dalam perencanaan pembangunan, termasuk data kependudukan, data keluarga berencana, data pembangunan keluarga dan data stunting.Karena itu, sebutnya, pemerintah melalui BKKBN melakukan pendataan keluarga setiap lima tahun.

Bupati Anton yang dihubungi juga menuturkan bahwa data yang dihimpun oleh BKKBN akan menjadi data awal bagi Pemda Flotim mewujudkan cita-citanya sebagai kabupaten termaju, nyaman, dan berkeadaban.

Seperti diketahui, pendataan keluarga merupakan kegiatan lima tahunan untuk mendapatkan data keluarga Indonesia.Pendataan keluarga diatur dalam Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Ini juga ditambahkannya, diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, serta Sistem Informasi Keluarga.

“Semua peraturan itu nanti mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK), diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dalam Sistem Informasi Keluarga (SIGA)”, tukasnya.