ZONA-DAMAI.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelar serangkaian acara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021.

Mendikbudristek Nadiem Makarim dijadwalkan akan berbincang dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan tema tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” yang akan disiarkan secara virtual di tengah pandemi Covid-19 pada Minggu 2 Mei 2021, pukul 16.00 WIB.

“Keluarga besar Kemendikbud mengajak kepada seluruh warga satuan pendidikan di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi memeriahkan Hardiknas 2021 sebagai bentuk dukungan bagi transformasi bidang pendidikan dan kebudayaan,” kata plt Kepala Humas Kemendikbud, Hendarman.

Tayangan Hardiknas 2021 dapat disaksikan di TV Edukasi yang mengudara melalui satelit Telkom Merah Putih dan kanal YouTube Kemendikbud RI.

Pagi harinya, Nadiem juga akan memimpin upacara bendera secara langsung dengan protokol kesehatan di Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta.

Kemendikbudristek meminta instansi pusat, daerah, sekolah serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri yang berada di zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera Hardiknas 2021.

Namun upacara bendera harus terbatas, minimalis dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya, pada Sabtu 1 Mei 2021 jajaran Kemendikbudristek bersama Pemerintah Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta dan para pegiat pendidikan dan kebudayaan menyelenggarakan ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara.