ZONA-DAMAI.COM – Sekertaris Pemprov Papua Dance Yulian Flassy mengatakan bahwa perlu kerja sama antara TNI-Polri dan masyarakat dalam menumpas teroris dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Pasalnya, kelompok ini kerap menggunakan masyarakat sebagai tameng.

Dance berharap, aparat yang telah diterjunkan untuk menumpas KKB bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ada di daerah rawan kelompok teroris tersebut.

“Harus ada kerja sama yang kuat antara masyarakat dan TNI-Polri dalam memberantas kelompok teroris Papua. Masyarakat lebih tahu aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh kelompok itu,” kata dia, Senin (10/5/2021).

Dia mengatakan, masyarakat yang mengenal KKB teroris itu bisa berkoordinasi dan mealporkan pergerakan mereka dengan Satgas Nemangkawi agar ditindaklanjuti sehingga tak ada lagi korban dari kekerasan KBB tersebut.

“Masyarakat harus pro aktif melaporkan kejadian-kejadian di lapangan kepada aparat TNI-Polri. Dengan begitu maka aparat akan bergerak cepat untuk mencegah adanya korban jiwa lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD menetapkan KKB Papua sebagai kelompok teroris Papua karena kelompok ini sering melakukan kejahatan dengan menembak warga sipil dan aparat TNI-Polri.