Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa menyebut aparat gabungan TNI-Polri saat ini tengah melakukan penyisiran ke lokasi-lokasi yang dianalisa sebagai tempat persembunyian Kelompok Separatis Teroris (KST) di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat.

Hal ini kata Suriastawa lantaran orang-orang yang tergabung dalam KST ini memang mesti diadili sehingga pencarian dan penyisiran terus dilakukan pihaknya.

Diakui Suriastawa selama ini para KST juga kerap melontarkan berbagai informasi hoaks yang menjerumuskan. Namun pihaknya tak ingin menanggapi argumen-argumen atau pernyataan tidak benar yang disampaikan para anggota KST ini.

“Biarkan saja, yang jelas menjadi kewajiban kita menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, dan melindungi segenap warga negara dari ancaman manapun termasuk KST,” kata dia.

Lagi pula kata Suriastawa banyaknya informasi bohong yang terus disebarkan KST ini juga membuktikan bahwa saat ini mereka memang tengah terdesak. Para KST ini telah terkepung oleh aparat gabungan TNI Polri.