Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX direncanakan akan berlangsung pada tanggal 2-15 Oktober 2021 di Jayapura, Papua.

Bupati Jayapura Matius Awoitauw pada Selasa (22/6/2021) mengatakan bahwa penyelenggaraan PON ke-XX di Papua merupakan perjuangan Pemprov Papua.

“PON di Papua ini merupakan perjuangan dari pemerintah Provinsi Papua, saya ikuti proses itu. Pemprov luar biasa berjuang, bahwa PON harus ada di Papua,” kata Matius.

Dari perjuangan itu, menurut Matius, pemerintah pusat akhirnya memberikan kesempatan kepada pemprov untuk menggelar PON. Semua itu sebagai bukti perhatian pemerintah pusat kepada seluruh wilayah di Indonesia.

“Meskipun ada keterbatasan yang luar biasa, tapi ini memang kita bersama untuk meyakinkan bahwa olahraga ini bisa membangun persaudaraan dan persatuan. Kalau dilihat dari kesiapan calon tuan rumah yang lain, mungkin lebih siap. Papua nggak ada apa-apanya. Tapi kita tekad untuk mempersiapkan,” katanya.

Matius berharap penyelenggaraan PON ke-XX dapat memberikan dampak positif, baik dari sisi olahraga hingga ekonomi.

“Kita berharap arena ini menghasilkan atlet terbaik untuk bisa mewakili Indonesia. Tetapi kita juga harus melihat sisi lain dari pelaksanaan PON Papua,” kata Matius.

Terkait antusiasme masyarakat, Matius menyatakan masyarakat sudah tidak sabar menyambut penyelenggaraan PON ke-XX Papua.

“Mereka ingin sekali PON ini berhasil dan mereka ingin sekali untuk dilibatkan,” ujar Matius.

Penyelenggaraan PON terakhir dilaksanakan tahun 2016 di Bandung, Seharusnya, ajang olahraga ini digelar tahun 2020 lalu. Namun karena ada pandemi Covid-19, jadwal penyelenggaraannya diundur ke tahun 2021.

Pada even PON ke-XX Papua ini akan dipertandingkan 37 cabang olahraga, yang pelaksanaannya di 4 klaster yaitu kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Pada Sabtu (19/6/2021), Panitia Besar PON XX bersama Pemprov Papua juga telah menyelenggarakan acara gebyar 4 klaster menjelang PON Papua. Acara ini menampilkan hiburan musik daerah dan menyediakan stand usaha ekonomi bagi 35 pelaku usaha kecil menengah di kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Acara gebyar PON XX Papua ini diselenggarakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Papua telah siap menggelar penyelenggaraan PON Papua.

Pada PON XX Papua tahun 2021 ini memperkenalkan 2 maskot yaitu Kangpho dan Drawa yang terinspirasi dari dua hewan khas Papua.

Kangpho singkatan dari kanguru pohon yaitu satwa marsupial (mamalia) yang memiliki kantung di perutnya. Sedangkan Drawa adalah burung jantan dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada bagian sisi perutnya.

Selain maskot, ada pula tagline dengan kalimat “Torang Bisa” (Kami Bisa).

torangbisa bermakna penyemangat khas Papua untuk mengobarkan semangat kepada para atlet yang akan bertarung pada PON XX. (**)