ZONA-DAMAI.COM – Vaksinasi Covid-19 di Indonesia menembus 1,3 juta orang per hari pada Sabtu (26/6). Ini artinya target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo soal satu juta vaksinasi Covid-19 per hari tercapai lebih awal.

Kabar baik ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulis pada Minggu (27/6/2021).

“Secercah berita baik, Indonesia berhasil melakukan 1,3 juta vaksinasi per hari yang dicapai kemarin (Sabtu),” kata Budi.

Budi mengatakan per 26 Juni 2021, vaksinasi dosis pertama telah dilakukan pada lebih dari 27 juta orang dan vaksinasi dosis kedua lebih dari 13 juta orang.

Target vaksinasi, kata Budi, tersebut dicapai berkat usaha dari berbagai pihak tertutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu.

Kemenkes, kata Budi, akan terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi di antaranya dengan membuka vaksinasi massal bekerja sama dengan semua elemen masyarakat. 

Kemudian, Kemenkes juga memutuskan penghapusan syarat KTP domisili bagi peserta vaksinasi Covid-19.

Ketentuan vaksinasi Covid-19 bebas KTP domisili ini berlaku di seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia.

“Jadi, saya undang seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena hanya dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, kita dapat keluar dari pandemi,” kata budi.

Dalam kesempatan itu, Budi menyampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan, baik itu dokter, petugas laboratorium, perawat, supir ambulans, dan relawan, atas kerja keras dan dedikasi yang diberikan di situasi seperti saat ini.