ZONA-DAMAI.COM – Keluarga memang unit terkecil dalam masyarakat, tetapi keluarga memiliki peran besar dalam keberhasilan menekan dampak pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Ketua DWP BKKBN, Kunkun Dewi Kurniaty, saat menghadiri puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 di Ruang Lestari kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, jalan Airlangga no.31-33 Surabaya, Selasa (29/6/2021).

Lebih lanjut Kunkun Dewi mengatakan, oleh karena itu dalam rangka peringatan Harganas ini, kita semua diingatkan kembali pentingnya peran sebuah keluarga. Tidak hanya berperan dalam mewujudkan SDM berkualitas saja, tetapi juga berperan dalam pencegahan stunting serta menjadi kunci utama dalam menekan wabah pandemi Covid-19 dan kunci utama dalam kesuksesan memasuki era normal baru.

Ditambahkan Kunkun Dewi, dalam rangka memperingati Harganas tahun ini, Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur turut serta menyemarakkan dengan berpartisipasi menggagas berbagai rangkaian kegiatan.

Kegiatan tersebut antara lain, bhakti sosial, Pelayanan Papsmer Gratis bagi pengurus dan anggota DWP (Isteri ASN dan PPNPN) di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 peserta, yang dilaksanakan 28 Juni 2021 di Pusyan Gatra BKKBN Jatim bekerjasama dengan PKBI Jawa Timur.

Pelayanan Papsmer Gratis ini sebagai upaya peningkatan kualitas derajat kesehatan wanita utamanya Pengurus dan Anggota DWP Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. DWP Berbagi, dengan bersama-sama bergotong-royong mengumpulkan dan memberikan minimal 1 (satu) pakaian baru, baik berupa baju dewasa laki-laki/perempuan/anak-anak yang akan diberikan kepada seluruh Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dan keluarga besar di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

“Pakaian Baru untuk Kebahagiaan Keluarga, saatnya berbagi untuk sebuah senyuman. Dari lingkungan keluarga terdekat dahulu, karena Hari Keluarga adalah bukan dari hal apa yang besar tetapi mulai dari yang kecil dengan berbagi kebahagiaan di lingkungan kita,” jelas Kunkun Dewi.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Pelayanan Swab PCR Gratis, bagi pengurus dan anggota DWP (ASN dan PPNPN) di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 peserta, yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2021 di Pusyan Gatra BKKBN Jatim bekerjasama dengan Puskesmas Mojo Surabaya.

“Mari kita jadikan Hari Keluarga sebagai momen untuk memperkuat fungsi keluarga dan tempat memberikan perlindungan, kasih sayang dan menjaga kesehatan setiap anggotanya. Jaga keluarga kita dari risiko stunting dan seluruh anak Indonesia harus bebas stunting”, pungkasnya.

Hadir dalam acara, Ketua TP-PKK, Arumi Bachsin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., beserta Sekretaris badan, Koordinator Bidang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Jawa Timur beserta beberapa pengurus dan para undangan penerima penghargaan, serta perwakilan BNI. (her/n)