ZONA-DAMAI.COM – Presiden┬áJoko Widodo (Jokowi) meninjau persiapan Asrama Haji di Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai RS darurat penanganan Covid-19, Senin (5/7/2021) malam. Turut hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Ini kita siapkan untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19 yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” kata Jokowi dalam video yang diunggah kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Menurut dia, pemerintah telah menyiapkan 900 tempat tidur ditambah 50 ruang ICU dan 40 ruang HCU. Oleh karena itu, mereka yang terjangkit Covid-19 bisa dirawat di Asrama Haji.

“Ini telah dikerjakan Kementerian PUPR kemarin dan saya tadi sudah perintahkan agar dalam dua hari ini bisa diselesaikan sehingga nantinya hari Kamis sudah bisa dipakai dan dioperasikan,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, eks Gubernur DKI Jakarta itu bilang kalau pemerintah juga menyiapkan sejumlah tempat isolasi dan pengobatan Covid-19 lainnya seperti di Rusun Nagrak Cilincing (2.273 tempat tidur) dan Rusun Pasar Rumput (3.986 tempat tidur).

“Kita juga telah menambah di Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur lagi. Dan kita harapkan ini bisa menambah kapasitas apabila terjadi lonjakan,” kata Jokowi.