Provinsi Papua semakin siap menjadi tuan rumah multi event berskala Nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional ke-20. Keramahan serta kehangatan masyarakat asli Papua akan menjadi pelengkap perayaan event yang diadakan empat tahunan ini.

Pekan Olahraga Nasional ke-20 dijadwalkan terselenggara pada 2 – 15 Oktober 2021. Nantinya, Provinsi Papua yang akan menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Indonesia ini. Total ada 37 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga yang akan dipertandingkan. Dari sekian banyak wilayah yang ada di Provinsi Papua, terpilih 4 wilayah klaster lokasi pertandingan PON XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

80 hari menuju PON XX Papua 2021 ini, Provinsi Papua terlihat semakin siap. Terbukti dengan sejumlah venue pertandingan yang sudah siap digunakan dan berbagai program yang disiapkan Panitia Besar PON XX Papua untuk memeriahkan serta mensosialisasikan multi event satu ini. Diyakini PON ke-20 ini akan semakin meriah dengan dukungan dan semangat dari Masyarakat Papua.

Para atlet dan Masyarakat Indonesia yang nantinya datang dan menikmati penyelenggaraan PON ke-20 ini tentu akan semakin betah berada di Papua, karena Masyarakat Papua akan menyambut mereka dengan keramahan dan kehangatan. Senyuman manis, canda, dan tawa dari anak-anak Papua semakin melengkapi euforia Pekan Olahraga Nasional di Bumi Cendrawasih ini.

Pekan Olahraga Nasional bukan hanya sekedar pesta olahraga yang mengejar prestasi, namun juga menyimpan nilai perubahan yang bermanfaat bagi Masyarakat Papua. Dengan pembangunan infrastruktur, investasi, hingga pertumbuhan ekonomi pada sektor wisata dan budaya.

Seperti yang disampaikan oleh Roy Letlora, S.Hut., M.M., Ketua II PB PON XX Papua 2021, “Pekan Olahraga Nasional ke-20 yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua tinggal 80 hari lagi. Saya yakin multievent Nasional ini akan berjalan sukses dan lancar. Masyarakat Papua sudah siap menyambut para atlet dan ofisial untuk datang dan menikmati penyelenggaraan PON dengan sepenuh hati.”

Selain itu, PON ke-20 di Papua ini juga menjadi momentum bagi kita semua untuk bangkit pulih bersama di tengan pandemi covid-19. Mari kita sukseskan dan dukung bersama PON XX Papua 2021! Torang Bisa!