ZONA-DAMAI.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua pada 2-15 Oktober 2021 berjalan dengan aman.

Ia menegaskan lokasi arena pertandingan PON XX Papua jauh dari lokasi terjadinya aksi kekerasan kriminal bersenjata (KKB) di Mimika atau daerah lainnya di Papua.

“Soal keamanan, kami berkali-kali diyakinkan panitia besar. Apa yang kita dengar informasi yang terjadi, jauh di luar dari tempat-tempat dilaksanakannya pertandingan,” kata Zainudin Amali seusai rapat terbatas terkait persiapan PON XX Papua yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Selasa (13/7/2021).

Menurut Amali, pihaknya sangat percaya dengan informasi yang disampaikan panitia besar PON XX dan Pemerintah Provinsi Papua serta aparat keamanan.

“Yakin lah, aparat keamanan TNI dan Polri sudah mengantisipasi dan menyiapkan apabila ada hal-hal yang muncul, baik yang muncul maupun selama penyelenggaraan PON. Insyaallah tidak ada masalah,” ujar Amali.

Seperti diketahui, banyak terjadi aksi KKB di Provinsi Papua yang telah meresahkan masyarakat. Keberadaan KKB ini menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan banyak pihak terkait pelaksanaan PON XX.