Masyarakat diminta mendukung perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Ini ikhtiar menekan lonjakan kasus penularan covid-19.

“Mengimbau kepada segenap warga bangsa, khususnya umat Islam untuk menaati dan mengikuti protokol kesehatan. Khususnya yang baru saja ditetapkan pemerintah, perpanjangan masa PPKM,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Rabu, 21 Juli 2021.

PPKM darurat diperpanjang hingga Minggu, 25 Juli 2021. Namun, istilah PPKM darurat diganti menjadi PPKM level 4.

Mantan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama itu optimistis pandemi bisa teratasi apabila masyarakat mematuhi PPKM. Angka kematian akibat covid-19 pun bisa ditekan.

Masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan. Ini menjadi upaya mudah dan murah untuk menghindari virus korona.

“Saya mohon kepada semua, mari kita menyukseskan program ini dengan cara mempertahankan apa yang telah menjadi kesepakatan bersama antara pemerintah, ulama, dan tokoh masyarakat,” ujar Nasaruddin.

Selain mempertebal keamanan diri, Nasaruddin mengajak umat meningkatkan ibadah dan berdoa agar pandemi covid-19 segera hilang. Setelah segala upaya dilakukan, masyarakat diminta tawakal.

“Kalau kita sudah berupaya sedemikian rupa, berikhtiar sedemikian rupa, kemudian kita serahkan diri kita kepada Allah, terserah Dia apapun yang akan ditetapkan. Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang yang bertawakal kepada-Nya,” tuturnya.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Dalam Negeri, Eko Prasetyanto Purnomo mengatakan, ada sejumlah hal penting dalam PPKM Darurat yang bisa mempengaruhi aktivitas masyarakat.

“Mempengaruhi kita dalam bekerja, belajar, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk wilayah yang menerapkan PPKM Darurat, perkantoran yang non-esensial wajib melakukan WFH atau bekerja di rumah 100%,” kata Eko

Dia menegaskan, PPKM Darurat memang harus dilakukan secara kebersamaan, hal tersebut untuk memutus mata rantai virus. Perlu pemahaman semua pihak untuk bisa mengendalikan diri sehingga semuanya bisa saling menghindari penularan.

“Kita bisa melihat sekarang semuanya meningkat, bahkan ada rumah sakit yang sudah kewalahan mengendalikan lonjakan kasus Covid-19,” kata dia.

Selain itu, Kemendagri secara intensif juga memberikan pemahaman dan melaksanakan Instruksi Mendagri Nomor 15 dan 17 tahun 2021 sebagai Dasar PPKM Darurat. Isinya antara lain mengenai Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro serta mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. (*)