Organisasi Papua Merdeka atau OPM dianggap sudah sangat kebangetan. Informasi hoax disebar ke mana-mana. Indonesia difitnah dengan sangat keji. Fitnah keji itu disebur di akun Twitter @FreeWestPapua. Isinya sangat bertolak belakang dengan kenyataan.

“OPM Kebangetan! Indonesia Difitnah dengan Sangat Keji”,

Kondisi tanah Papua sangat damai dan terus membangun. Hanya saja, banyak beredar propaganda dan hoaks (berita palsu) yang memunculkan berita negatif terkait keamanan Papua.

“Ini sangat disayangkan,” ujar Ketua Persatuan Gereja-geraja di Papua Pdt Metusalah PA Mauri.

Menurut Mauri adanya konflik di Papua semua prihatin, saudara dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai Rote.

“Karena kita satu bangsa, bahasa dan tumpah darah. Kalau ada yang merasa sakit, semua merasa sakit, meski berbeda kita tetap satu dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Perlu diketahui, sejarah Papua dibelokkan Belanda dan OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang mendukung,” ujar Mauri.

Mauri mengemukakan, adanya permasalahan atau konflik keamanan di Papua karena adanya kelompok separatis. Dengan kondisi tersebut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) turun tangan untuk menangani masalah keamanan.