Ketua Dewan Pakar Indonesia Maju Institute (IMI) Lukman Edy mengatakan bahwa berdasarkan pengamatan yang telah dilakukannya, pemerintahan Presiden Jokowi sudah sangat serius dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Kita semua bisa menyaksikan bagaimana seriusnya Presiden Jokowi mengatasi pandemi ini,” ucap Lukman Edy

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa terkait kesehatan masyarakat dan kebijakan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi telah dikerjakan serius dan sistematis oleh pemerintah, walaupun tantangannya juga besar.

“Tantangan bukan hanya untuk Indonesia saja tapi juga global. Pandemi ini bukan hanya menyerang Indonesia tetapi juga dunia,” tambahnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Senior Analis Taiwan-Indonesia Trade Association (TITA), Tulus J. Maha, mengatakan bahwa berbagai kebijakan publik yang telah dikeluarkan oleh Pemerintahan Presiden Jokowi menunjukkan bahwa dirinya capable untuk mengatasi pandemi Cov-19.

Tulus menambahkan bahwa produk kebijakan ekonomi yang dikeluarkan sudah synergis dengan permasalaha sosial politik yang muncul dipermukaan, mulai dari kebijakan PEN (pemulihan ekonomi nasional), digital market hingga berbagai stimulus ekonomi yang berbentuk bantuan sosial (bansos).

“Kebijakan publik yang telah dikeluarkan oleh Presiden Jokowi menunjukkan dirinya capable untuk mengatasi pandemi Cov-19”, ujar Tulus.