Wakil gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta siap melaksanakan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang sudah diputuskan Presiden Joko Widodo. “Tentu kami pemerintah daerah mendukung dan akan melaksanakan sesuai dengan kebijakan yang diambil, tugas kami pemerintah daerah ya pelaksana,” kata Riza dalam rekaman suara, Senin (2/8/2021). Riza menjelaskan, saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang menunggu kebijakan yang mengikuti keputusan pemerintah pusat untuk memperpanjang PPKM darurat.

Dia berharap perpanjangan PPKM dapat menurunkan penyebaran kasus Covid-19, yang saat ini sudah melandai di Ibu Kota. “Mudah-mudahan kebijakan yang akan segera diambil ini bisa terus meningkatkan penurunan daripada Covid-19 yang sudah menurun,” tutur Riza.

Politikus partai Gerindra ini tidak memberikan keterangan lebih lanjut berkait apakah akan ada perbedaan kebijakan dalam perpanjangan PPKM kali ini. “Tentu kami mendukung program daripada pelaksanaan ini. Mudah-mudahan sampai tanggal 9 (Agustus) terjadi penurunan lagi yang signifikan,” ucap dia.

Sebagai informasi, presiden Joko Widodo resmi memperpanjang PPKM level 4 selama 7 hari terhitung besok, 3 hingga 9 Agustus 2021. Dalam pernyataannya Jokowi mengatakan bahwa PPKM mampu menurunkan angka kasus Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia yang menerapkan kebijakan itu. “PPKM level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya, baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan persentase BOR (bed occupancy rate),” ucap Jokowi, Senin malam.

Sementara itu, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi Ajib Hamdani menjelaskan, langkah perpanjangan PPKM level 4 ini bertolak belakang dengan keinginan para pengusaha. perpanjangan PPKM tidak ideal bagi dunia usaha. “Keputusan telah diambil oleh pemerintah. Walaupun ini bukanlah keputusan pemerintah yang cenderung kurang ideal terhadap dunia usaha,” kata Ajib. Ajib melanjutkan, karena keputusan pemerintah untuk memperpanjang PPKM sudah bulat maka dunia usaha pun melakukan penyesuaian usaha di lapangan. (*)