ZONA-DAMAI.COM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan pendorong terbesar pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2021 adalah sektor industri pengolahan.

Sebagaimana diketahui, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II/2021 mencapai 7,07 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

“Sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi secara tahunan menurut lapangan usaha adalah berasal dari industri pengolahan,” katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/8/2021).

BPS mencatat kinerja industri pengolahan pada kuartal II/2021 tumbuh sebesar 6,58 persen yoy. Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan kinerja di subsektor industri alat angkutan sebesar 45,7 persen.

“Ini didukung adanya permintaan kendaraan bermotor sebagai dampak dari kebijakan pemerintah yang memberikan insentif PPnBM,” jelasnya.

Di samping industri pengolahan, sektor perdagangan juga merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi kuartal II/2021, yang tercatat tumbuh sebesar 9,44 persen yoy.

Pendorong pertumbuhan pada sektor perdagangan, di antaranya perdagangan mobil, sepeda motor, dan reparasinya, yang tumbuh sebesar 37,88 persen yoy.

Perdagangan besar dan eceran bukan mobil dan sepeda motor juga mampu tumbuh sebesar 4,77 persen.