Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak segenap negara-negara anggota Asean untuk bersatu menghadapi Covid-19. Solidaritas sangat diperlukan untuk membawa kawasan keluar dari pandemi Covid-19. 

“Kawasan Asean sama-sama sedang menghadapi lonjakan Covid-19, selain itu juga penyebaran varian baru virus corona. Saat ini kita harus bersatu, menguatkan solidaritas untuk menghadapi pandemi,” kata Puan terkait peringatan Hari Ulang Tahun Asean ke-54 pada Minggu (8/8/2021) seperti dikutip dari laman resmi DPR. 

Puan mengatakan, lonjakan Covid-19 yang disebabkan oleh varian Delta kini tengah menyerang negara-negara Asean, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, dalam menghadapi musuh bersama bernama Covid-19 ini, negara-negara Asean perlu mengingat kembali semangat persatuan di kawasan saat perhimpunan ini didirikan pada 8 Agustus 1967 silam.

“Perhimpunan ini dibangun dengan harapan negara-negara yang bernaung di bawahnya bekerja sama dalam berbagai sektor, menjalin hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan. Sekarang bagaimana semangat pendirian Asean itu kita terjemahkan dalam penanggulangan Covid-19 saat ini,” kata Puan

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini mengingatkan kerja sama kawasan untuk menghadapi pandemi Covid-19 sangat krusial. Sebab, bila masih ada negara yang mengalami lonjakan kasus, pasti akan mempengaruhi negara lainnya.  “Dari segi kedekatan kawasan dan struktur wilayah, kemungkinan penularan itu akan selalu ada. Jadi, kesembuhan satu negara harus dibarengi dengan negara lainnya untuk mencapai Asean yang bebas Covid-19,” ujarnya.

Untuk diketahui, selain Indonesia, 9 negara Asean lain juga sedang berjibaku menanggulangi Covid-19. Berdasarkan data WHO pada 16 Juli 2021, terdapat sedikitnya 6 juta kasus Covid-19 secara kumulatif di negara-negara anggota Asean, atau sekitar 3 persen dari total kasus secara global. 

“Indonesia bukan satu-satunya negara Asean yang belakangan ini mengalami lonjakan Covid-19. Persamaan kawasan dan kondisi yang sedang kita alami saat ini membuat Asean harus saling mendukung. Dengan persatuan, kita bisa membangun kekuatan,” kata Puan.