ZONA-DAMAI.COM – Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengakses sistem perizinan terpadu, seiring Online Single Submission (OSS) resmi diluncurkan oleh pemerintah pusat melalui Presiden RI, Joko Widodo, Senin (9/8/2021).

Pemerintah Kota Samarinda diwakili oleh Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi, turut menghadiri peluncuran tersebut secara virtual dari ruang Command Centre, Balaikota Samarinda.

Usai peluncuran tersebut, Rusmadi mengatakan, sistem perizinan melalui OSS tersebut dapat diakses secara mudah dan lebih efisien terutama bagi pelaku UMKM di Kota Samarinda.

“Jadi ini memberikan kemudahan, dunia usaha dalam hal ini melakukan perizinan diberikan layanan yang sederhana dan tak berbiaya, tadi dunia usaha juga mengakui prosesnya hanya 5 sampai 7 menit sudah selesai,” ucap Rusmadi.

Pemkot Samarinda sendiri akan mulai melakukan pemantauan berjalannya OSS ini di lapangan, terutama bagi UMKM yang tersebar di pelosok Samarinda.

Melalui OSS, Wawali mengatakan dapat memonitor perkembangan unit usaha, serta mengidentifikasi sebaran bidang usaha yang ada.

“Selama ini sektor-sektor mikro seperti UKM dan kafe yang menjamur di desa-desa itu kan terkadang belum lapor atau izin, padahal itu penting untuk Pemkot, karena UMKM saat ini jumlahnya sekitar 60 persen,” imbuhnya.

Tak hanya untuk usaha mikro, perusahaan besar pun dapat melakukan perizinan secara terpadu melalui OSS ini.

Bagi usaha mikro, Pemkot Samarinda telah mencanangkan bantuan layanan dapat dilakukan di kantor kecamatan masing-masing.

“Sebenarnya ini online, jadi di manapun bisa diakses, namun namanya dunia usaha terkadang mengalami hambatan saat mengisi aplikasi jadi bisa dibantu di kecamatan, khususnya untuk usaha mikro,” ujar Rusmadi lebih lanjut.

Akses layanan perizinan terpadu ini dapat diakses melalui laman oss.go.id , di laman tersebut dapat dilihat panduan OSS dan langsung mengisi pengajuan usaha mikro kecil dan formulir untuk usaha menengah dan besar. (*)