Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan mendukung permintaan Presiden Joko Widodo untuk menurunkan harga tes PCR untuk mendeteksi lebih awal dan cepat warga yang terpapar Covid-19.

Menurut Riza, harga tes PCR yang murah akan membantu pemerintah dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19.

“Kami dukung kebijakan Pak Presiden agar tes PCR semakin banyak, salah satunya didukung harga tes PCR yang murah,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/8/2021).

Riza mengatakan testing PCR sebenarnya merupakan salah satu tugas pemerintah. Namun, kata dia, inisiatif warga melakukan tes PCR akan membantu pemerintah. Karena itu, perlu harga tes PCR yang terjangkau sehingga tidak menjadi beban masyarakat di tengah situasi yang sulit saat ini.

“Masyarakat banyak testing maka semakin baik. Nanti juga diikuti tracing dan treatment. (Tugas) pemerintah 3T, kalau murah akan membantu masyarakat untuk tes,” tandas dia.

Lebih lanjut, Riza berharap Kementerian Kesehatan agar segera menindaklanjuti permintaan Presiden Jokowi untuk menurunkan harga tes PCR.

“Harga PCR seperti yang diminta Pak Jokowi nanti kita akan teruskan. Tentu kemenkes yang akan ambil kebijakan,” pungkas Riza.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar harga tes PCR diturunkan ke kisaran Rp 450.000-550.000. Penurunan harga ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah orang yang dites.

“Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran antara Rp 450.000 sampai Rp 550.000,” kata Jokowi melalui kanal YouTube Setpres