ZONA-DAMAI.COM – Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyatakan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di wilayahnya efektif menekan angka penularan Covid-19. Keefektifan tersebut terlihat dari jumlah kasus harian Covid-19 belakangan ini yang menurun dibandingkan dengan angka kasus harian pada awal Juli 2021.

“Kalau kami bandingkan dari awal Juli sampai dengan pertengahan Agustus ini, PPKM level 4 sangat efektif,” kata Arief, Selasa (17/8/2021).

Arief mengungkapkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangerang, ada penambahan 30 kasus baru Covid-19 pada Senin kemarin. Jumlah tersebut jauh menurun dibandingkan penambahan pada Juli 2021 yang sempat menyentuh angka 1.000 kasus dalam satu hari.

“Kasusnya, bahkan kemarin ini terendah dalam satu setengah bulan, hanya 30. Yang tertinggi bisa di atas 1.000,” ujarnya.

“Jadi, artinya PPKM ini sangat efektif,” tambah dia.

Arief mengakui, PPKM dapat membatasi mobilitas warga.

“Jadi memang dengan membatasi mobilisasi, kita ngerem, untuk kebaikan jangka panjang. Alhamdulillah angkanya berangsur baik,” kata dia.

Meski kasus harian telah menurun di Kota Tangerang, pemerintah kota (pemkot) masih memperpanjang PPKM level 4 sejak 17-23 Agustus 2021. Arief mengatakan, sebenarnya sejumlah indikator  sudah menunjukkan wilayahnya masuk level 3.

Adapun indikator yang dimaksud itu adalah angka kasus harian, jumlah kematian akibat Covid-19, serta tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) pasien Covid-19 di rumah sakit yang telah menurun.

Dia menegaskan, PPKM level 4 masih diterapkan lantaran pemerintah hendak menjaga keamanan masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan agar rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus dan pandemi segera berlalu.

Aturan soal perpanjangan PPKM level 4 yang diterapkan Pemkot Tangerang mengacu kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2021. Perpanjangan itu berdasarkan hasil evaluasi pemerintah pusat yang menilai bahwa angka kasus Covid-19 mulai menurun.