Percepatan program nasional vaksinasi Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak. Demi mendukung terwujudnya kekebalan komunal (herd immunity) PT KAI Daop VI Yogyakarta juga turut terlibat aktif.

“KAI Daop VI terus berupaya untuk turut serta memutus rantai penyebaran Covid-19 dan sekaligus berperan dalam meningkatkan imunitas masyarakat dengan melayani vaksinasi di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan Klinik Mediska,” ujar Supriyanto selaku Manajer Humas PT KAI Daop VI.

Seperti yang terjadi pada hari, Senin (23/8/2021) kemaren, gerai vaksinasi di Stasiun Besar Yogyakarta atau Stasiun Tugu sudah mulai melayani vaksinasi bagi calon penumpang moda transportasi kereta api.

“Untuk itu, KAI terus berkoordinasi untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memberikan layanan vaksinasi,” tuturnya.

Supriyanto menyampaikan apresiasi atas bantuan tambahan vaksin, Jumat (20/8/2021) kemarin, yang didapat Klinik Mediska KAI Daop VI. Bantuan tambahan sebanyak 5.700 dosis vaksin atau 570 vial itu berasal dari Dinas Kesehatan DIY.

“KAI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinkes yang pada hari ini telah menyerahkan sebanyak 570 vial dosis vaksin yang akan kami gunakan khusus untuk vaksinasi keluarga pekerja KAI di wilayah Daop VI Yogyakarta.

Selain PT KAI Daop VI Yogyakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga sama menggenjot program vaksinasi covid-19 guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Langkah ini demi menanggulangi pandemi covid-19.

Setelah mampu melampaui target yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan memvaksin 7,5 juta warga untuk dosis satu sebelum akhir Agustus, Pemprov DKI akan fokus menggenjot vaksinasi dosis dua. Di sisi lain, Pemprov DKI masih menggenjot vaksinasi dosis satu agar mencapai 8,8 juta orang.

“Tentu kita akan tambah terus tambah tenaga kesehatan dan juga tambah sentra-sentra vaksin,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza).

Ariza mengapresiasi para pihak yang sudah berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksin di Ibu Kota. Selama ini, kata Ariza, cukup banyak pihak yang membantu Pemprov DKI untuk melakukan vaksinasi covid-19.

“Kami terima kasih bagi semua yang terlibat membantu. Selain TNI Polri juga banyak organisasi yang membantu, ormas, tempat tempat peribadatan, swasta, kemudian juga dari KADIN Apindo semuanya terlibat aktif, semuanya membantu pelaksanaan vaksin. Jadi terimakasih semuanya telah membantu kegiatan vaksinasi ini di Jakarta,” kata dia.

Sementara itu, dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk “Vaksin untuk Indonesia”. Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti “obat” atau “anti-virus”, tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

“Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema ‘Vaksin untuk Indonesia’. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi. (*)