Program vaksinasi nasional di beberapa daerah telah menunjukkan hasil yang positif. Hasil positif tersebut juga didukung oleh disiplin masyarakat dalam menerapkan Prokes 5M.

Salah stau daerah yang mengalami penurunan kasus positif Covid-19 adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengatakan kasus positif COVID-19 di wilayahnya belakangan mengalami penurunan karena kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan Protokol kesehatan (Prokes 5M) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Atas kerja keras semuanya dan kedisiplinan masyarakat di dalam menerapkan protokol kesehatan, maka pandemi COVID-19 di Bantul dari hari ke hari sudah menurun secara konsisten,” katanya dis ela acara penyerahan bantuan sarana prasarana evakuasi bencana di Bantul, Kamis (26/8/2021)

Bupati mengatakan, selain kasus konfirmasi COVID-19 harian yang menurun dari hari ke hari, angka kesembuhan dari virus corona juga makin tinggi, begitu juga angka kematian turun signifikan, sehingga kasus aktif atau pasien positif yang masih isolasi terus berkurang jumlahnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa PPKM yang diberlakukan di Bantul ini menghasilkan suatu dampak yang demikian positif, dampak yang efektif untuk penurunan paparan COVID-19,” katanya.

Bupati juga mengatakan, pandemi COVID-19 yang makin terkendali ini juga tidak lepas dari kerja keras semua pihak, baik camat, lurah, dan para relawan yang senantiasa melakukan mitigasi bencana, khususnya dalam penanggulangan COVID-19.

“Sehingga Bantul berhasil menurunkan paparan COVID-19, karena itu saya apresiasi dan penghargaan kepada relawan semua, saya menyaksikan, melihat relawan-relawan di kelurahan telah bekerja sungguh-sungguh tanpa pamrih demi keselamatan kita semua,” katanya.

Meski demikian, Bupati selalu mengajak masyarakat bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul per hari Rabu (25/8/2021) menunjukkan total kasus positif sebanyak 53.597 orang, dengan telah sembuh 49.045 orang, sementara kasus meninggal berjumlah 1.412 orang, sehingga kasus aktif atau pasien yang masih isolasi berjumlah 3.140 orang.

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria juga mengklaim Jakarta sudah berstatus zona hijau Covid-19.

Riza menyebut perubahan zona ini seiring dengan percepatan vaksinasi di Ibu Kota sehingga tercipta kekebalan komunitas atau herd immunity.

“Kita bersyukur Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity,” kata Riza di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2021).

Kendati demikian, Riza meminta warga tak abai dengan protokol kesehatan Covid-19. Ia mengimbau warga agar menjadikan prokes sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Kami minta semua warga tetap disiplin patuh dan taat, tetap berada di rumah sebagai tempat terbaik laksanakan protokol kesehatan 5M secara disiplin dan patuh laksanakan PPKM level 4 dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadikan prokes sebagai kebutuhan kita sehari-hari,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Riza juga melaporkan capaian program vaksinasi Covid-19 di Jakarta. Sejauh ini warga telah menerima 9,3 juta dosis pertama dan 4,7 juta dosis kedua vaksin Covid-19.

“Dosis 1 dan 2 sudah lebih dari 14 juta. Kita sudah melebihi target jauh dari 8,8 juta,” jelasnya.

Dari 9,3 juta yang divaksin, Riza mengakui 40 persen di antaranya merupakan warga non DKI. Untuk itu, kini pihaknya mengubah target vaksinasi Covid-19 dari sebelumnya 8,8 juta menjadi 11 juta.

“Kami Pemprov, Pak Gubernur meningkatkan target vaksin menjadi 11 juta,” jelasnya. (**)