Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, aplikasi PeduliLindungi akan menjadi bagian utama strategi pemerintah Indonesia untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Luhut dalam acara Launching TribunBekasi.com dan TribunTangerang.com pada Jumat (27/8/2021) yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Tribunnews.

Dikatakan Luhut, aplikasi PeduliLindungi akan menjadi bagian utama strategi pemerintah dan bentuk reformasi yang akan mengubah cara hidup masyarakat di masa depan.

“Platform PeduliLindungi akan menjadi bagian utama strategi kita.PeduliLindungi tanpa disadari akan menjadi bentuk reformasi digital yang akan mengubah cara hidup kita ke depan,” kata Luhut.

Menurut Luhut, aplikasi PeduliLindungi akan memonitor semua kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan Covid-19 dan juga bisa menjadi alat untuk mempermudah screening, tracing, dan pemantauan protokol kesehatan.

“Itu akan bisa memonitor semua kegiatan-kegiatan kita. Manakala apakah kita sudah kena vaksin, apakah kita dari hasil tes lab kita positif atau kita berhubungan dengan orang yang positif.”

“Nah PeduliLindungi akan berfungsi sebagai alat juga untuk screening, tracing, dan memastikan protokol kesehatan dijalankan,” terangnya.

Luhut mengatakan, melalui fungsi screening, kita dapat mencegah orang yang positif atau berisiko tinggi melakukan aktivitas di area publik.

Sedangkan untuk fungsi tracing dengan aplikasi PeduliLindungi kita bisa dengan cepat mengidentifikasi kontak erat jika ada kasus konfirmasi positif. 

Kemudian, Luhut mengatakan, aplikasi PeduliLindungi juga bisa memonitor jumlah orang yang sedang berada di area publik apakah sesuai dengan aturan protokol kesehatan.

“Lalu dengan aplikasi PeduliLindungi kita bisa memastikan jumlah orang di area publik sesuai dengan kapasitas yang dimungkinkan untuk melakukan social distancing,” sambungnya.

“Jadi sistem ini akan membuat Indonesia kita ini lebih transparan dan kita akan bisa memisahkan orang yang kena, sekali lagi positif, untuk tidak bergaul dan tidak berada di tempat publik.”[*]