DKI Jakarta telah memulai kembali pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Kebijakan ini menyusul status Jakarta yang masuk zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu sampai tiga.

Pemprov DKI Jakarta mengingatkan sekolah agar disiplin menjaga protokol kesehatan selama PTM terbatas. Bila melanggar, kegiatan PTM terbatas di sekolah tersebut bakal dihentikan

“Di sekolah tersebut, jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan ditutup sekolahnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 membentuk Satuan Tugas Protokol Kesehatan Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan Fasilitas Publik Dalam Rangka Penanganan Pandemi Covid-19 (Satgas Prokes 3M Fasilitas Publik).

Pembentukan satgas tersebut berlaku efektif mulai 1 September 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan.

Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito mengatakan, Satgas Prokes 3M Fasilitas Publik ini dibentuk untuk menunjang pencapaian masyarakat produktif aman Covid-19.

“Kita tahu bahwa peluang penularan Covid-19 dapat terjadi di mana saja, di dalam rumah, saat di perjalanan, maupun saat beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu diharapkan kegiatan di fasilitas publik yang ada pun mampu memberi andil juga pada upaya mengurangi peluang penularan Covid-19 di masyarakat,” pungkas Wiku.