Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan berbasis level di sejumah daerah di Jawa dan Bali telah diperpanjang oleh pemerintah. Perpanjangan PPKM berbasil level mulai diterapkan dari tanggal 7 sampai 13 September 2021. Dalam pelaksanaan kali ini, jumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 4 kembali berkurang.

Menanggapinya, pengamat kebijakan publik dari Makara Strategic Insight, Iwan Freddy, mengatakan bahwa dirinya mendukung perpanjangan program PPKM Jawa-Bali hingga 13 september 2021. Hal tersebut opsi yang tepat karena akan menekan penyebaran virus corona.

“Perpanjangan program PPKM berbasis level disejumlah daerah di Jawa-Bali mulai 7-13 September 2021 merupakan langkah positif bagi penanganan masalah pandemi. Oleh karena itu masyarakat patut memberikan dukungan”, ujar Iwan.

Sementara itu, Menko Maves, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa langkah Pemerintah didalam memperpanjang PPKM bertujuan untuk terus menekan penyebaran virus corona.

“Diperpanjang, saat ini DIY telah berhasil turun ke level 3, sedangkan Bali masih membutuhkan waktu sepekan ke depan untuk turun level,” ujar Luhut.