Pemerintah telah berhasil menyusun suatu strategi jangka panjang guna menyikapi kemungkinan pandemi Covid-19 akan tetap ada dalam jangka waktu yang lama.

Opsi terbaik bagi masyarakat saat ini adalah program vaksinasi nasional dan tetap menegakkan disiplin protokol kesehatan (prokes) sebagai jalan menuju tatanan kehidupan baru. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengingatkan agar negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, mempersiapkan diri mengambil langkah-langkah mitigasi. 

Menyikapi hal tersebut, analis Taiwan-Indonesia Trade Association (TITA), Tulus J. Maha, mengatakan bahwa disiplin prokes dan vaksinasi merupakan suatu strategi jangka panjang agar dapat hidup berdampingan dengan covid-19, sehingga roda perekonmian dapat kembali bergerak. Melalui prokes den vaksinasi, kegiatan perdagangan dapat berjalan dengan resiko yang minim.

“Disiplin protokol kesehatan (prokes) dan percepatan vaksinasi merupakan inti strategi jangka panjang dalam hidup bersama covid19, sehingga roda perekonomian dapat kembali bergerak seperti sedia kala. Mekanisme supply dan demand dapat kembali berjalan sehingga ekonomi dapat pulih” ujar Tulus.

Lebih lanjut dirinya menghimbau masyarakat agar dapat beradaptasi dimasa pandemi covid-19 ini, agar perjalanan menuju new normal dapat tercapai dengan tetap produktif.

“Sebaiknya kita dapat beradaptasi dimasa pandemi covid-19 ini, agar perjalanan menuju new normal dapat tercapai dengan tetap produktif” tambahnya.