Para atlet lima cabang olahraga yang bernaung di bawah Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) DKI Jakarta, yakni Aeromodeling, Terbang Layang, Paralayang, Terjun Payung, dan Gantole dilepas untuk berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua oleh Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo.

Acara berlangsung di Gedung Suma 3 Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa, 14 September 2021.

Dalam sambutannya Ketua Umum Pengprov FASI DKI Jakarta, Marsekal Pertama Bambang Gunarto mengatakan, FASI DKI Jakarta harus dapat menunjukkan prestasi terbaik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ia yakin latihan yang sudah berjalan selama kurang lebih tiga tahun akan dapat membuahkan hasil.

Dikatakan, walaupun latihan terkadang terkendala Pandemi Covid-19, tetapi tidak boleh menjadi alasan untuk tidak berprestasi. “Sebagai Ketua Pengprov FASI DKI, saya yakin kalian mampu menunjukkan hasil terbaik,” kata Bambang yang juga Komandan Lanud Halim Pedanakusuma, Jakarta Timur ini.

Ia berpesan, seluruh atlet yang berada di bawah payung FASI harus selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam berlomba. Kepada para atlet Bambang meminta semuanya siap bertanding. Tak ada kata gentar, karena PON Papua adalah hari penantian dari latihan bertahun-tahun.

“Selalu terapkan protokol kesehatan untuk membentengi diri. Saya imbau kepada atlet, pelatih maupun manajer agar selalu berhati-hati. Tidak usah keluar malam kalau tidak perlu, sebagai antisipasi terhadap gangguan keamanan,” katanya.

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Djamhuron menegaskan, PON Papua adalah momentum bagi FASI DKI unjuk prestasi. Selama ini FASI DKI mengalami naik turun prestasi di beberapa PON, tapi kali ini diharapkan semua cabor FASI sebagai olahraga dirgantara terbang tinggi ke udara.

“Di PON Jawa Barat kemarin aeromodeling belum berprestasi, kini saatnya untuk meraih prestasi terbaik. Begitu pun paralayang yang belum memberi hasil terbaik di PON Jabar, tunjukkan di PON Papua hasil terbaik. Begitu juga dengan terjun payung, gantole, dan terbang layang. Selama ini yang agak konsisten adalah terbang layang,” pensiunan jenderal bintang satu TNI AL ini memberi motivasi para atlet FASI.

Seperti yang berulangkali disampaikan kepada atlet DKI, Djamhuron mengatakan, jangan jadikan pandemi Covid-19 sebagai alasan tidak berprestasi. Tapi jadikan itu tantangan untuk meraih hasil terbaik meski latihan dilakukan dalam kondisi tidak normal.

Hadapi semua pertandingan dengan senang, karena dengan senang kita bisa fokus meraih prestasi terbaik. Jaga marwah FASI DKI di ajang PON karena kalian membawa nama olahraga dirgantara,” kata Djamhuron