Menteri BUMN Erick Thohir menyebut perusahaan negara dan UMKM harus terus berkolaborasi di masa sulit ini, bukan hanya untuk bertahan tapi juga membangun ekosistem yang kuat agar bisa naik kelas.

“Jika BUMN bisa mencapai profit, UMKM dan rakyat jangan menjadi pailit. Mereka harus ikut untung setelah kemudian naik kelas menjadi sejahtera,” kata Erick.

Erick menekankan pentingnya peran BUMN sebagai katalisator penggerak ekonomi, termasuk UMKM. Karena itu dia meminta BUMN jangan menganggap UMKM sebagai saingan, tapi mitra bisnis agar bisa berkembang lagi.

“BUMN berperan bangun keseimbangan dan pemerataan ekonomi, memastikan ekonomi kelas bawah naik kelas. Jangan sampai yang miskin semakin miskin, yang kaya semakin kaya,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Direktur Utama PT Pindad International Logistic (PIL), Suresh Ferdian, mengatakan bahwasannya kerjasama kemitraan strategis bertujuan untuk segmen market nasional dan internasional guna percepatan pemulihan ekonomi. Peran penting BUMN dalam upaya perecepatan pemulihan ekonomi tentunya sebagai motor penggerak roda perekonomian nasional hingga international.