PAPUA – Ketua Umum PB PON Papua yang juga Gubernur Papua, Lukas Enembe mengaku bangga sebab pesta olahraga berskala nasional bisa diselenggaran di Bumi Cendrawasih. Dia mengatakan, masyarakat Papua sangat terbuka menyambut para kontingen dari seluruh daerah di Indonesia.

Hal ini disampaikan saat membuka gelaran olahraga tersebut di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). “Tangan kami terbuka lebar untuk menyambut sahabat-sahabat semua dan hati kami diselimuti oleh kasih. Sebuah kebanggaan bagi kami yang ada di Provinsi Papua melihat seluruh anak bangsa berkumpul dan bersatu di tempat ini,” kata Lukas.

Lukas mengatakan, pelaksanaan PON XX mungkin memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan, karenanya dia menyampaikan permintaan maaf. Namun, dia memastikan seluruh panitia pelaksana telah berupaya maksimal untuk menyukseskan gelaran tersebut.

“Saya selaku ketua umum PON XX Papua meminta maaf apabila ada kekurangan dan ketidaknyaman selama penyelenggaran PON. Namun saya dapat memastikan kami seluruh panita penyelenggara akan berperan semaksimal membuat banyak senyum dan tawa, dibanding tangis dan kecewa,” kata Lukas.

Lebih lanjut, Lukas menekankan bahwa pesta olahraga terbesar yang baru pertama digelar di Bumi Cendrawasih ini akan menjadi perekat kesatuan dan persatuan bangsa.

Lukas juga menegaskan, dipercayanya Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON akan menjadi ajang pembuktian kepada seluruh masyarakat di Indonesia, bahwa masyarakat di Papua merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dari tanah Papua, saya akan tunjukan kepada sahabat-sahabat yang ada di seluruh Nusantara, bahwa kami masyarakat Papua akan senantiasa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia,” tegas Lukas. “Sebab merah putih akan selalu terjahit rapi di dalam hati dan jiwa kami,” lanjutnya.

Lebih lanjut, dia mengajak semua pihak untuk menyukseskan PON XX Papua dan menjadikannya sebagai momenn kemenangan bersama. Lukas memastikan gelaran ini sudah melalui berbagai evaluasi dan monitoring sehingga akan berjalan maksimal.

“Hari ini saya mengajak sahabat-sahabat semua menyukseskan PON XX Papua sebagai simbol kemenangan kita bersama, sekali lagi sebagai simbol kemenangan kita bersama,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi telah membuka acara ini. Dalam sambutannya, ia mengaku bangga dapat membuka gelaran pesta olahraga yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Papua. Jokowi mengatakan, PON XX Papua ini juga menjadi gambaran kemajuan di Bumi Cenderawasih.

“Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” ujar eks Gubernur DKI Jakarta tersebut seperti yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, pelaksanaan PON ini juga bermakna besar bagi seluruh masyarakat di Tanah Air. Penyebabnya, gelaran ini menjadi panggung persatuan, kebersamaan, hingga panggung keadilan untuk kemajuan bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (*)