Antusiasme masyarkat dalam mengikuti anjuran untuk melakukan vaksinasi meningkat dengan pesat walaupun sebelumnya banyak tersebar berita hoaks tetapi masyarakat bisa dengan sigap dan tanggap dalam menghadapi berita tersebut. Adapun kendala yang dirasakan oleh masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi adalah banyaknya antrean, serta stock vaksin yang terbatas.

Tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi salah satunya adalah pentingnya kesehatan, adapun faktor lain seperti tuntutan pekerjaan, dan dibukanya sekolah-sekolah dan fasilitas lainnya yang mewajibkan masyarakat untuk memberikan bukti bahwa telah melaksanakan vaksinasi.

Salah satu warga, Afrini (22) yang merupakan salah satu peserta vaksin mengaku sengaja datang ke tempat vaksinasi lebih awal. “Kemarin saya datang ke tempat vaksin lebih awal dari yang dijadwalkan karena kalau datang terlalu siang takut antrean yang semakin banyak,” ujar Afrini kepada Zulfa.

Dia mengaku dirinya cukup antusias karena ini merupakan vaksin pertamanya. Dengan melakukan vaksin Afrini berharap dapat menjaga kondisi dan imun tubuh. “Semoga saja setelah melakukan vaksin bisa jadi pelindung untuk tubuh dan menjaga imun,” kata dia.

Menurut saya, tingginya pencapaian vaksinasi karena adanya dukungan dari berbagai pihak melalui program vaksinasi massal. Pemerintah di berbagai kota sedang gencar melakukan vaksinasi kepada semua warganya agar mereka semua mendapatkan vaksinasi secara menyeluruh. Meski telah mendapatkan vaksinasi pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seperti yang dilansir dari presidenri.go.id, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa “Kesadaran masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi sangat penting mengingat Covid-19 tidak dapat hilang sepenuhnya dari kehidupan manusia. Presiden Jokowi pun mendukung pemerintah daerah setempat untuk terus memenuhi target vaksinasi”.