Mantan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), Ahmad Sabri Lubis resmi bebas dari penjara di Rumah Tahanan Markas Besar Kepolisian RI pada (6/10/2021).

Bebasnya Ahmad Sabri dibenarkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar, Ahmad Ramadhan.

“Sekitar pukul 09.30 WIB, mereka dieksekusi oleh jaksa karena sudah delapan bulan menjalani tahanan sama dengan putusan banding di PT (Pengadilan Tinggi),” ujar Ramadhan saat dikonfirmasi pada Rabu, (6/10/2021).

Selain Ahmad Sabri, ada empat eks anggota FPI lainnya yang turut bebas, yakni Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kejaksaan menahan mantan Ketua Umum FPI, Shabri Lubis sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran prokes di Petamburan.

Para tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat yang melibatkan mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab resmi ditahan usai pelimpahan berkas dari penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kuasa hukum tersangka, Aziz Yanuar menyatakan penahanan dilakukan JPU yang telah diserahterimakan lewat Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

“Iya benar (dilakukan penahanan) di Mabes Polri (Rutan Bareskrim Polri),” kata Aziz.

Selanjutnya, penyidik polisi melimpahkan berkas tersangka beserta barang bukti ke Kejaksaan Agung pada Senin (8/2/2021) yang lalu.

Terkait penahanan tersangka, pihak Polri sendiri dalam hal ini, Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengatakan bahwa penyidik Polri sudah tak berwenang lantaran sudah dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Kalau sudah tahap 2, tanya ke jaksa ya,” ucap Argo singkat.

Berkas perkara untuk seluruh kasus itu telah rampung dan dilimpahkan ke Jaksa. Artinya, kasus-kasus para tersangka sepenuhnya kewenangan Kejaksaan, termasuk soal masa tahanan. (**)