Jayapura – Ketua IKEMAL (Ikatan Keluarga Maluku) di Tanah Papua Christian Sohilait ST. M.Si meminta kepada seluruh masyarakat Maluku yang berada di Papua dan juga Papua barat untuk tidak terprovokasi mengenai insiden kejadian di Kota Sorong yang terjadi pada Senin (24/1) kemarin yang melibatkan masyarakat Maluku (Suku Key dan Kampung Pelauw)

“Maka sebagai Ketua Ikatan Keluarga Maluku di Tanah Papua dan pengurus, kami menyesalkan kejadian tersebut dan menyampaikan himbauan kepadaseluruh masyarakat maluku di tanah papua khususnya di kota sorong dan sekitarnya kejadian pertikaian tersebut adalah murni tindakan kriminal, sehingga pihak Kepolisian telah mengambil langkah untuk di selesaikan secara hokum,”Ungkap Christian Sohilait .

Oleh sebab itu IKEMAL mengharapkan seluruh masyarakat Maluku di Tanah Papua tidak terprovokasi dan tetap tenang, namun sebaliknya saling mengingatkan keluarga untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“Bersama sama kita menciptakan keamanan, kenyamanan dan kedamaian di atas Tanah Papua sebagai zona damai, masyarakat Maluku di Tanah Papua tidak menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya termasuk foto-foto tentang kejadian tersebut dimedia sosial,”tegasnya.

Atas nama IKEMAL di Tanah Papua dirinya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya beberapa orang akibat pertikaian di maksud, semoga keluarga di berikan kekuatan dan penghiburan, demikian himbauan inikamisampaikan kepada seluruh masyarakat Maluku di seluruh tanah Papua,”Pungasnya.