Jakarta – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada liburan Lebaran 2022 berkonsentrasi mengamankan arus lalu lintas di objek wisata yang ramai pengunjung. Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko, menyebutkan seluruh jajaran polda berkonsentrasi mengamankan lokasi objek wisata serta arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol dan jalan arteri.

“Kosentrasi kepolisian selain jalur tol, kami juga fokus pada lokasi tempat-tempat wisata, baik di dalam kota maupun di luar kota, dari polda jajaran fokusnya pengamanan wisata,” kata Gatot

Beberapa objek wisata yang jadi fokus pihaknya, seperti di jalur Puncak, Jawa Barat, objek wisata yang ada di Malang, Jawa Tengah dan lain sebagainya. Dalam pengamanan objek wisata ini, kata Gatot, polda jajaran berkoordinasi dengan pengelola objek wisata agar tidak terjadi kemacetan maupun kepadatan pengunjung.

“Melakukan koordinasi dengan objek wisata kalau tempat itu penuh, dilakukan rekayasa lalu lintas di lokasi objek wisata tersebut, sekarang antisipasi sore ketika pengunjung kembali pulang, itu paling ramai,” kata Gatot.

Upaya-upaya kepolisian, kata dia, seperti membuat marka jalan, memberlakukan rekayasa lalu lintas, dan menyiapkan lokasi kantong parkir. Selain pengamanan di objek wisata beserta pengaturan arus lalu lintas, jajaran Polri juga masih melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol dengan cara bertindak contraflow guna mengurai kemacetan.

“Contraflow dibuka kembali dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 70 Tol Cikupa Utama (Cikatama) mulai pukul 07.50 WIB. Contraflow berlaku secara situasional,” kata Gatot.

Sementara itu, Polda Jawa Timur (Jatim) mengerahkan 13 ribu personel untuk mengamankan beberapa tempat wisata di Jawa Timur. Hal itu dilakukan guna memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata dan keamanan pengunjung yang datang menikmati libur hari raya idulfitri.

“Total ada 13 ribu pasukan gabungan bersama TNI untuk mengawasi dan menjaga kamtibmas di tempat wisata di seluruh Jawa Timur,” ujar Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta

Dalam pemaparannya, ada beberapa tempat yang dijadikan atensi khusus oleh Kapolda Jatim. Seperti KBS, Kenjeran, Danau Sarangan di Magetan, hingga Gunung Ijen di Banyuwangi.

“Ada beberapa tempat jadi atensi kami, Kenjeran, Taman Bungkul, Wisata Gunung Bromo, Wisata Pasir putih dan beberapa tempat wisata yang berhubungan dengan cagar alam. Tempat-tempat tersebut sudah kami komunikasikan agar tetap memperhatikan prokes,” imbuh Nico.

Selain menempatkan anggota di tempat wisata, Nico menegaskan pihaknya juga mendirikan Pos Pengamanan, Pos Terpadu dan Pos pelayanan. “Ada 185 pospam, 58 pos pelayanan dan 12 pos terpadu yang siap melayani masyarakat Jawa Timur,” tegasnya.