Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah berhasil melakukan pembangunan di berbagai sektor di Tanah Papua, mulai dari infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan.

Menurut pemuda Papua yang tergabung dalam Eskponen Muda Papua (EMP), keberhasilan Jokowi dalam membangun Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat harus dilanjutkan dan terus ditingkatkan.

“Kami sebagai putra asli Papua melihat pembangunan di Papua kini berkembang pesat di era kepemimpinan Presiden Jokowi. Keberhasilan Pak Jokowi ini harus dilanjutkan,” ujar Ketua EMP Provinsi Jawa Timur, Nendy Gire dalam diskusi bertema ‘Mendorong Pembangunan Berkelanjutan untuk Kemajuan Papua’ di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Nendy menyatakan, untuk mendukung pengembangan kapasitas SDM, sebanyak 179 sekolah dan keagamaan serta perguruan tinggi negeri (PTN) telah dibangun di Papua di era pemerintahan Jokowi.

Serta, sekitar 1.000 orang lebih mahasiswa Papua merupakan lulusan dari berbagai universitas di dalam maupun luar negeri, berkat beasiswa afirmasi di era pemerintahan Jokowi.

“Ada hal-hal yang bisa diperdebatkan. Tapi soal pembangunan di Papua, baik itu dari segi fisik maupun nonfisik, hampir sulit dinafikan menimbang banyak data terkait bukti pembangunan di Papua hari ini,” tutur Nendy.

Ketua Umum EMP, Rahman Patur menambahkan, akselerasi pembangunan infrastruktur di era Jokowi dinilai berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini karena infrastruktur yang dibangun membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat. Infrastruktur yang memadai bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan sehingga mempercepat jalur logistik.

Jokowi telah melakukan pembangunan infrastruktur di Bumi Cenderawasih, di antaranya pembangunan jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke dan lain sebagainya,

Menurut Rahman, dari segi dukungan anggaran, pemerintah juga telah mengucurkan anggaran mencapai ratusan triliun untuk menyokong kebutuhan pembangunan di Papua.

“Sebagai putra Papua, saya berterima kasih kepada pak Jokowi yang telah banyak menorehkan karya nyata untuk pembangunan di Bumi Cendrawasih. Masyarakat Papua  mengapresiasi hal itu,” ucap Rahman.

Sementara pengamat Kebijakan Publik, Sutriyadi menuturkan pendekatan pembangunan Jokowi yang bersandar pada semboyan ‘Membangun Indonesia dari Pinggiran,’ berhasil mendorong akselerasi pembangunan di berbagai wilayah, termasuk  di Papua.

Sutriyadi memuji watak kepemimpinan Jokowi yang senantiasa menyerap aspirasi dan peka terhadap beragam isu yang berkembang di masyarakat.

“Saya termasuk salah satu yang sangat mengapresiasi karakter kepemimpinan Pak Jokowi. Indonesia memang selayaknya butuh sosok pemimpin seperti beliau,” sebut Sutriyadi.