ZONA-DAMAI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata tak hanya mengandalkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac┬áBiotech China untuk melawan corona. Indonesia akan mengandalkan vaksin merah putih.

Vaksin merah putih merupakan vaksin buatan dalam negeri. Vaksin corona ini menggunakan strain Covid-19 Indonesia dan saat ini sedang dikembangkan oleh Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman.

Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio mengatakan pihaknya menargetkan akan menyerahkan bibit vaksin ke industri pada bulan Februari atau Maret 2020. Setelah itu akan dilakukan uji klinis fase satu, dua, dan tiga.

“Jadi ketika sudah selesai dari Eikjman bisa langsung diproses oleh Bio Farma tanpa penyesuaian yang terlalu banyak. Platform ini sudah dikuasai dan dikenal industri dalam hal ini oleh Bio Farma,” ujarnya, seperti dikutip Senin (24/8/2020).

Uji klinis adalah pengujian vaksin kepada hewan dan manusia untuk menemukan manfaat dan efektivitas vaksin dalam memerangi penyakit. Setelah uji klinis selesai maka akan dimintakan izin kepada otoritas kesehatan Indonesia untuk mendapatkan izin edar.

“Penyuntikan pertama (uji klinis fase satu) kemungkinan trimester kedua 2021 dan [uji klinis] diprediksi selesai akhir 2021 dan produksi massal [vaksin] pada awal 2022,” terang Amin Soebandrio.