ZONA-DAMAI.COM – Beberapa kecamatan di Jakarta Selatan telah melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada sejumlah lansia mulai Selasa (23/2/2021).

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk para lansia di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan pada Selasa melebihi angka 300 orang.

Di wilayah Cilandak, vaksinasi Covid-19 untuk para lansia dilakukan oleh petugas Puskesmas Kecamatan Cilandak di SDN Cilandak Barat 04 Pagi, Komplek BNI 46, Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak kemarin.

“Hari ini merupakan vaksinasi tahap pertama untuk para lansia yang ada di wilayah Kecamatan Cilandak, dan untuk tahap pertama ini kami vaksinasi sebanyak 160 lansia,” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Cilandak, Maryati, sebagaimana dikutip dari laman Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Dalam kegiatan vaksinasi itu dikerahkan 15 petugas. Mereka melakukan pendaftaran, skrining, suntik, dan observasi pascapenyuntikan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Pancoran, Sri Lenita mengatakan, lansia di wilayah Pancoran yang sudah mendaftar untuk vaksinasi Covid-19 sebanyak 161 orang.

“Hari ini (Selasa), alhamdulillah yang kami jadwalkan ada 20 lansia divaksin,” ujar Sri dikutip dari laman Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Saat akan melakukan vaksinasi, lansia diwajibkan membawa kartu tanda penduduk (KTP) sebagai bukti identitas.

‚ÄúSetelah divaksin, selanjutnya kami akan lakukan observasi kurang lebih 30 menit, lalu kami pantau, kalau tidak ada keluhan apa-apa, selanjutnya akan kami berikan kartu vaksinasi untuk menyatakan selesai vaksinasi dosis pertama,” ujarnya.

Tunggono (74) warga RT 01/03, Kelurahan Pondok Labu, Cilandak yang menerima suntik vaksin bersama Triyata (70) istrinya mengaku sangat bersyukur dan lega telah disuntik vaksin.

“Saya mengikuti anjuran pemerintah untuk mau divaksin agar timbul kekebalan tubuh demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar cepat berlalu. Saya juga ucapkan terima kasih atas layanan pihak puskesmas yang terorganisir dengan prokes, ramah hingga prosesnya cepat dan lancar,” ujar Tunggono.

Indonesia mulai memasuki tahap kedua program vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun dan pekerja publik.

Lansia menjadi prioritas penerima vaksin karena risiko kematian yang lebih tinggi apabila terpapar Covid-19.

Jadwal vaksinasi di Jakarta akan disesuaikan dengan distribusi vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.