ZONA-DAMAI.COM – Bupati Kuningan Acep Purnama meminta masyarakat tak ragu dengan vaksinasi Covid-19. Ia sendiri dengan ASN lingkup Sekretariat Daerah Kuningan telah menjalani vaksinasi Covid-19 di Pendopo, Senin (8/3/2021).

Berusia di atas 60 tahun, Acep sendiri menerima suntikan vaksin jenis CoronaVac.

“Dengan usia 62 tahun telah mendapatkan vaksin virus Covid-19 tahap 1. Insyaallah tahap ke 2 kita menunggu intruksi dari petugas yang menangani ini,” kata Acep, mengutip laman resmi Pemkab Kuningan, Selasa (9/3/2021).

Menurut dia, vaksinasi adalah salah satu cara ikhtiar guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Dia pun berharap dengan ini pandemi segera lenyap.

“Kepada masyarakat Kuningan jangan ragu divaksin. Insyaallah aman sudah saya buktikan sediri,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menyiapkan dosis vaksin gelombang kedua untuk diberikan kepada ASN, TNI, Polri, hingga petugas pelayanan publik. Gelombang kedua vaksin ditargetkan tuntas pada akhir Februari-Maret 2021.

Vaksinasi bagi ASN di didasarkan pada bahwa ASN memiliki fungsi untuk melayani publik dan menjadi garda terdepan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.