ZONA-DAMAI.COM – Ipda Anthon Tonapa, warga Toraja Utara, Sulawesi Selatan jadi korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kejadian terjadi di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua.

Anthon ditembak di bagian punggung saat sedang bertugas di lokasi tersebut, Selasa, 27 April 2021. Dia adalah komandan Satgas Tim 9 Bravo Nemangkawi, atau operasi penegakan hukum terhadap KKB.

Kerabat korban, Alan Tonapa mengatakan, Anthon saat ini sudah dievakuasi ke Mimika. Ia sedang menjalani perawatan insentif di RSUD Mimika.

Alan mengatakan, luka tembak di punggung membuat Anthon harus menjalani proses operasi. Saat ini dalam proses pemulihan.

“Puji Tuhan masih diberi keselamatan dan sudah menjalani operasi. Saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit Mimika,” ujar Alan, Rabu, 28 April 2021.

Kapolres Mimika, Era Adinata mengatakan ada tiga prajurit yang jadi korban penembakan KKB di Distrik Ilaga, kemarin. Satu diantaranya tewas.

“Satu dinyatakan tewas dan dua mengalami luka tembak,” ujarnya.

Bharada Komang Wiranata, kata Era meregang nyawa di tempat. Sementara Ipda Anthon Tonapa dan Bripka Mohammad Saifuddin mengalami luka serius.

“Satu mengalami luka tembak di perut dan satu di punggung. Saat ini sudah dirawat dan menjalani operasi,” jelasnya.