Jayapura – Salah satu pimpinan dari pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Yahukimo berinisial PH atau Kopi Tua Heluka berhasil dibekuk aparat.

Penangkapan terjadi pada, Jumat (19/5/2023) pukul 10:48 WIT di salah satu rumah makan depan Jalan Poros Mako Kelurahan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Setelah ditangkap, PH atau Kopi Tua Heluka diserahkan ke Satgas Operasi Damai Cartenz untuk dilakukan penyelidikan lebih mendalam.

Sekadar diketahui, penangkapan PH berawal dari penangkapan AS yang merupakan pentolan KKB dipimpin PH. Hal itu langsung dikonfirmasi oleh AS.

Menurut Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani, PH terlibat dalam kasus penembakan terhadap anggota Brimob dari Satgas Operasi Damai Cartenz, pada 30 November 2022 lalu.

“Jadi PH juga terlibat dalam pembunuhan anggota TNI pada 4 November 2022,” ungkap Faizal Ramadhani kepada Tribun-Papua.com, Rabu (24/5/2203).

Dikatakan, aksi selanjutnya dilakukan PH pada 29 November 2022, PH ikut serta dalam penembakan terhadap Brigpol Usdar, merupakan anggota Polres Yahukimo hingga membuat korban meninggal dunia.

Selanjutnya, PH juga turut andil dalam aksi penembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap Pos Penjagaan atau SPKT Polres Yahukimo sebanyak dua kali.

Lebih lanjut, KKB tersebut melakukan penyerangan dan penembakan terhadap Pos Kali Buatan Satgas Operasi Damai Cartenz di Distrik Dekai, kendati memang tidak ada korban jiwa,” pungkas Faizal.