ZONA-DAMAI.COM – Presiden Joko Widodo sudah meluncurkan program bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600 ribu per bulan per orang untuk pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta.

“Iuran ini diberikan kepada pekerja yang perusahaan rajin membayar iuran Jamsostek. Ini kita berikan sebagai penghargaan, reward kepada para pekerja dan perusahaan yang patuh membayar iuran. Iuran Jamsostek,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Pengusaha di industri alih daya, Anta Ginting mengapresiasi bantuan yang diberikan pemerintah untuk karyawan terdampak Covid-19

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan juga Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah Karena bantuan ini sangat ditunggu oleh pengusaha dan karyawan untuk dampak membantu karyawan yang juga terkena dampak akibat Covid-19,” ujar Anta Ginting dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Ia mengapresiasi kebijakan pemerintah karena bantuan gaji tambahan bagi pekerja tersebut diharapkan bisa mendorong konsumsi masyarakat.

“Dengan demikian, perekonomian bisa bergerak kembali dan pemulihan terjadi. Sementara dalam hal peng-upgrade-an data rekening, pengusaha sangat dibantu oleh BPJS Ketenakerjaan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 37,8 triliun dengan target penerima 15,7 juta pekerja di seluruh Indonesia, yang penyalurannya dilakukan melalui bank Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara).

BPJS Ketenagakerjaan secara bertahap akan menyerahkan kepada pemerintah data serta nomor rekening para pekerja penerima subsidi gaji sebanyak 15,7 juta orang.

Sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi pekerja untuk mendapatkan bantuan antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2020.

Pekerja atau buruh penerima gaji/upah di bawah Rp 5 juta per bulan berdasarkan gaji/upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Pekerja penerima BSU juga harus memiliki rekening bank yang aktif.